1.
Dari 8 (delapan) jenis strategi untuk
mencapai keunggulan kompetitif tersebut, Dalam konteks Indonesia,
menurut saudara strategi mana yang paling cocok/efektif untuk diterapkan?
Berikan alasannya!
PT.
Eigerindo Multi Produk Industri atau dikenal sebagai Eiger adalah produk Indonesia
yang telah mendunia khusus di bidang manufaktur dan ritel peralatan petualangan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993
oleh Mr Ronny Lukito di Bandung.
Eiger sendiri
menerapkan focus strategy yaitu dengan melakukan seleksi terhadap segmen
yang lebih focus dan memadukan dengan diffrentiatin pada segmen tersebut
Alasan Eiger menggunakan strategi fokus adalah untuk membangun
keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Strategi ini ditujukan untuk melayani kebutuhan
konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan dalam pengambilan keputusannya untuk
membeli relatif tidak dipengaruhi oleh harga.
Strategi ini akan menjadi lebih
efektif jika konsumen membutuhkan suatu kekhasan tertentu yang tidak diminati
oleh perusahaan pesaing. Hal ini yang membuat eiger memilih strategi focus
dimana eiger melakukan segmentasi pada ceruk pasar alat petualangan dengan
membuat produk-produk yang unik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar