Minggu, 22 Desember 2013

Strategi E-business Eiger


1. Dari 8 (delapan) jenis strategi untuk  mencapai keunggulan kompetitif tersebut, Dalam konteks Indonesia, menurut saudara strategi mana yang paling cocok/efektif untuk diterapkan? Berikan alasannya!
PT. Eigerindo Multi Produk Industri atau dikenal sebagai Eiger adalah produk Indonesia yang telah mendunia khusus di bidang manufaktur dan ritel peralatan petualangan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 oleh Mr Ronny Lukito di Bandung.

Eiger sendiri menerapkan focus strategy  yaitu dengan melakukan seleksi terhadap segmen yang lebih focus dan memadukan dengan diffrentiatin pada segmen tersebut

Alasan Eiger menggunakan  strategi fokus adalah untuk membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Strategi  ini ditujukan untuk melayani kebutuhan konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak dipengaruhi oleh harga.
Strategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan suatu kekhasan tertentu yang tidak diminati oleh perusahaan pesaing. Hal ini yang membuat eiger memilih strategi focus dimana eiger melakukan segmentasi pada ceruk pasar alat petualangan dengan membuat produk-produk yang unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar