Minggu, 22 Desember 2013

Sejarah dan Manfaat Internet


1.  Kapan dan dari manakah jaringan internet berasal ?
Jaringan internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Project Agency). APRAnet dibangaun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan computer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.

2. Siapakah penemu WWW dan bedanya internet dengan konsep WWW ?
Penemu WWW (World Wide Web) adalah Sir Timorthy John Berners-Lee yang lahir di London Inggris, 8 Juni 1915 dan pernah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Ratu Inggris Elizabeth II berupa Order of Merit atas penemuan WWW pada tahun 1990.
Internet merupakan jaringan global computer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap computer saling terhubung satu sama lainya dari Negara ke Negara lainya di seluruh dunia (walaupun berbeda system operasi dan mesin) dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainya.
Sedangkan WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat ditemukan pada WWW, sehingga WWW ini dapat diumpamakan sebagai perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.

 3. Jelaskan dampak positif dan negative dari internet ?
Dampak Positif Internet :
·         Informasi dan Pengetahuan Yang Tak Terbatas
Internet menyediakan sumber informasi yang tak terbatas selama 7 x 24 jam setiap waktu. Hanya menggunakan computer, ponsel, gadget sudah bisa terkoneksi ke internet.
·         Internet Sebagai Bisnis
Beberapa potensi di internet yang bisa dijadikan ladang bisnis adalah: berjualan produk atau jasa secara online, iklan, afiliasi, dll.
·         Internet Sebagai Hiburan
Selain sebagai sumber informasi, banyak pengguna yang mengakses internet hanya untuk bermain game, mendownload lagu, menonton streaming tv online dan banyak lagi.
·         Biaya Pengetahuan Yang Murah
Mengurai biaya karena murah akses untuk melakukan koneksi internet.
·         Internet Sebagai Sarana Komunikasi Efisien
komunikasi yang dapat dijangkau jauh lebih efisien dan praktis dengan keberadaan fungsi email, chatting, hingga voice chat yang menjangkau hingga ke seluruh dunia dengan biaya yang jauh lebih murah.
·         Internet Memungkinkan Anda Untuk Mengenal Orang dari Segala Penjuru Dunia
Dengan berkembangnya situs jejaring sosial, forum, blog  di internet sangat memungkinkan anda untuk mengenal orang dari segala suku bangsa dan negara dengan mudah meskipun tanpa harus bertemu secara fisik.
·         Internet Sebagai Keperluan Darurat
Mendukung keperluan, internet dapat membantu pengguna untuk keperluan yang cukup mendesak. Seperti melakukan transfer melalui E-banking



Dampak Negatif Internet :
·         Informasi Yang Tak Terfilter
 Beberapa informasi yang tidak bermanfaat yang terkadang membawa pengaruh buruk bagi pengguna antara lain informasi yang bersifat pornografi, situs perjudian, kekerasan hingga informasi yang menyesatkan.
·         Internet Menyebabkan Kecenderungan
Banyak sekali pengguna internet yang rela menghabiskan waktu hingga seharian untuk ber-facebook ria, bermain game online dll. Kecenderungan akan internet dapat membuat orang menjadi lupa waktu serta menjadi malas.
·         Dampak Buruk Bagi Kesehatan
Banyak sekali orang yang tidak menyadari, terutama bagi mereka yang duduk berlama – lama menggunakan komputer dan internet dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan mereka, terutama jantung, otot dan aliran darah pada tubuh.
·         Dampak Buruk Bagi Mata
.Dengan kecenderungan berlama – lama didepan komputer akan mengakibatkan menurunnya jaringan pada syaraf penglihatan.
·         Keterbatasan Pergaulan Sosial
Sikap kurang peduli terhadap lingkungan social yang disebabkan menggunaan internet yang terlalu berlebihan
·         Kejahatan dan Penipuan
Banyak sekali orang yang tertipu terhadap toko online palsu ataupun kejahatan secara fisik yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai sarana mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar