1. Sebuah jaringan di
bidang pariwisata adalah sebagai berikut ;
a. Buku wisata b.
Hotel
c. Usaha pernerbangan d. Layanan
pengiriman barang
e. Pelanggan
Sebutkan
dan jelaskan :
Kemungkinan
kemitraan B2B, B2C, C2B, C2C
Jawab
a.
Busines to Busines (B2B)
Busines
to Busines (B2B) juga dapat diartikan sebagai sistem
komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis. Bentuk Jadi B2B dapat berupa
transaksi Inter-Organizational System (IOS), misalnya transaksi extranet
dan electronicfunds transfer.
Kegiatan
ini dapat terjadi antara:
v Jasa Penerbangan ke Hotel
ataupun sebaliknya, Hotel ke Jasa
Penerbangan
Jasa
penerbangan merupakan suatu bentuk usaha pelayanan. Dan dalam menjalankan
usahanya, jasa penerbangan membutuhkan mitra untuk menjalankan usahanya.
Jasa
penerbangan dan hotel bisa menjadi suatu jawaban yang baik. jasa penerbangan
merupakan usaha pelayanan yang menjadi tujuan orang yang hendak keluar kota
tentunya, untuk pergi keluar kota seseorang membutuhkan tempat untuk bermalam.
Dan hotel adalah jawabannya.
Dengan
memadukan kerjasama yang baik, keduanya dapat memperoleh kemajuan yang
signifikan pula.
Contoh:
paket liburan
v Jasa pelayanan ke jasa penerbangan
Jasa
penerbangan merupakan suatu bentuk usaha pelayanan, begitu pula jasa pengiriman
barang. Jasa pengiriman barang memerlukan transportasi yang membantunya dalam
mengirimkan barang dengan efisien.
Untuk
itu, jasa pelayanan pengiriman barang
memerlukan mitra jasa penerbangan.
Contoh:
Kerjasama POS Indonesia dengan jasa penerbangan baik dalam maupun luar negeri
b.
Bussines to Cunsumer (B2C)
Bussines
to Cunsumer (B2C) merupakan transaksi ritel dengan
pembeli individual. Selain itu B2C juga dapat berarti mekanisme toko online (electronic
shoping mall) yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer.
Kegiatan
ini dapat terjadi antara:
v Hotel ke Pelanggan
Hotel
merupakan suatu jasa pelayanan yang menjual dan berusaha memenuhi kebutuhan
jasa penginapan kepada pelanggan.
Contoh : Pemesanan kamar secara online
v Jasa Penerbangan ke Pelanggan
Penerbangan
merupakan jasa pelayanan yang menjual dan berusaha memenuhi jasa penerbangan
kepada para konsumen.
Contoh
: Pembelian tiket pesawat secra online
v Jasa Pengiriman ke Pelanggan
Jasa
pengiriman merupakan jasa pelayanan yang menjual dan berusaha memenuhi jasa
antar kirim barang kepada konsumen.
Contoh
: Pengecek status pengiriman POS Indonesia dengan internet
c.
Consumer to Bussines (C2B)
Consumer
to Bussines (C2B) merupakan individu yang menjual produk
atau jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan
transaksi.
Kegiatan
ini dapat terjadi antara:
v Buku Wisata ke Hotel
Buku
wisata merupakan karya tulisan yang biasanya diperbuat oleh perseorangan. Dalam
hal ini, buku wisata tersebut dikarang oleh seseorang untuk ditawarkan kepada
suatu perusahaan untuk dijual.
Hotel
merupakan salah satu tempat yang didalamnya bermukim masyarakat asing. Untuk menemani
kegiatannya. Kaum asing tersebut membutuhkan buku wisata sebagai tour guide . sehingga cocok bagi
individu tersebut untuk menawarkan buku wisata ke Perusahaan Hotel.
v Buku Wisata ke Penerbangan
Buku
wisata merupakan karya tulisan yang biasanya diperbuat oleh perseorangan. Dalam
hal ini, buku wisata tersebut dikarang oleh seseorang untuk ditawarkan kepada
suatu perusahaan untuk dijual.
penerbangan
merupakan hal yang dibuthkan wisatawan untuk bepergian. Untuk menemani
perjalanannya. Kaum asing tersebut membutuhkan buku wisata sebagai tour guide . sehingga cocok bagi
individu tersebut untuk menawarkan buku wisata ke Perusahaan Hotel.
d.
Consumer to Consumer (C2C)
Consumer
to Consumer (C2C) merupakan transaksi dimana konsumen
menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Dapat diartikan pula
saat seorang individu yang mengiklankan produk barang atau jasa, pengetahuan,
maupun keahliannya di web.
Kegiatan
ini dapat terjadi antara:
v Pelanggan ke pelanggan
Pelanggan
merupakan individu yang memiliki perilaku untuk membeli suatu barang. Dalam
suatu kejadian, apabila seorang pelanggan membeli barang yang unik, mahal dan
sifatnya berharga, dan masih memiliki banyak peminat di pasaran ataupun
diantara sekelompok individu lainnya. besar kemungkinan barang tersebut untuk
tetap diincar dan diminati untuk dibeli masyarakat lain, walaupun barang
tersebut sedang berada ditangan seorang individu.
Menarik gan !!
BalasHapusshaggy web