Senin, 16 April 2012

Pengertian Manajemen,Stategis, Strategi Manajeme dan contoh berfikir Strategis


Pengertian Manajemen
1.      Menurut Dr. SP. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi”
Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui oranglain.
2.      Menurut  R. Terry 
Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
3.      Menurut Drs.H. Malayu S.P. Hasibuan.
Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Pengertian Strategi
1.      Menurut Wheelan dan Hunger (Strategic Management and Business Policy Massachuset, 1995)
 Strategi merupakan program perencanan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memaksimalkan keunggulan bersaing dan meminimasi kelemahan.
2.      Menurut Glueck dan Jauch, p.9, 1989
 strategi adalah Rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi
3.      Menurut Argyis (1985) Mintzberg (1979), Steiner dan Miner (!997) dalam (Freddy Rangkuty, 1997)
Strategi merupakan respon secara terus-menerus maupun adaftif terhadap peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan internal yang dapat mempengaruhi organisasi.

Pengertian Strategi Manajemen
1.      Menurut Pearch dan Robinson (1997)
Manajemen strategis adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.
2.      Menurut David (2002:5)
Manajemen strategis adalah Seni dan pengetahuan untuk merumsukan, mengimplementasikan and mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu mencapai obyektifnya.


3.      Menurut Hunger dan Wheelen (2003:4)
 Manajemen strategis adalah Serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

Contoh bepikir strategis dalam kehidupan sehari-hari.
 Berpikir strategis adalah pemikir strategis memiliki rencana matang untuk masa depan.
Keluarga merupakan suatu organsisasi yang dapat dikatakan sebagai  organisasi sederhana, kita dapat melihat keberhasilkan suatu keluarga dari cara berfikir strategis yang mereka miliki untuk menunjang kesejateraan mereka dimasa depan. Biasa keluarga yang berfikir strategis mereka lebih cendrung mengambil tindakan yang bersifat pada kemajuan di masa depan. Dengan menetapkan suatu visi yang akan dipilih sebagai tujuan dari kehidupan mereka dan sebagai implementasi mereka akan membuat suatu perencanaan yang baik. Misalnya dalam sebuah keluarga  hanya miliki dua orang anak dengan rentang jarak berkisar 4-5 tahun dan mereka sangat memperhatikan pertumbuhan sibuah hati mereka, mulai dari menyiapkan material untuk sibuah hati sejak masih di dalam kandungan sampai buah hatinya memperoleh pendidikan yang tinggi. Untu mewujudkan tindakan itu orang tua akan menekan tindakan-tindakan yang harus mereka lakukan untuk sibuah hati seperti menyiapkan uang untuk pendidikan dan perkembang si buah hati, milih tempat pendidikan yang baik, memasukan si buah hati untuk ikut kursus agar dapat menghadapi persaingan di masa depan dengan memperhatikan regulasi (aturan yang ada dalam keluarga) dan lain-lain. Bahkan keluarga yang memilki kondisi keuangan yang lebih akan mengasuransikan semua yang asset yang mereka meliki untuk meninimalisir apabila adanya kesalahan manajaemen.


Sumber :

1 komentar: