Perbedaan
utama antara strategi kepemimpinan biaya, strategi diferensiasi dan strategi
focus,antara lain :
STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA
Kepemimpinan
biaya adalah srategi besaing biaya rendah yang ditujukan untuk pasar luas dan
mengharuskan “membangun secara agresif fasilitas skala efisien, pengurangan
harga yang gencar, pengandalian biaya dan ongkos yang ketat, penghindaran
pelanggan-pelangan marjinal, dan meminimalisir biaya seperti R&D,
pelayanan, tenaga penjual, iklan dan sebagainya. Harga murah berfungsi sebagai
hambatan pesaing untuk masuk ke dalam industry, dan hanya sedikit yang dapat
menandingi keunggulan biaya pemimpin. Contoh perusahaan yang melakukan strategi
ini : Wal Mart (pengecer), Timex (jam), dan Gateway 2000 (computer).
Resiko
Kepemimpinan Biaya
1. Kepemimpinan
Biaya Tidak Bertahan
v Pesaing
meniru
v Teknologi
berubah
v Basis
lain untuk kepemimpinan biaya melapuk
2. Kedekatan
dalam diferensiasi menghilang
3. Para
pem-“focus biaya” mencapai biaya yang lebih murah lagi dalam segmen
STRATEGI
DIFERENSIASI
Diferensiasi
adalah strategi aktif untuk mendapatkan hasil diatas rata-rata dalam sebuah bisnis
tertentu karena loyalitas merek akan membuat sensitivitas konsumen terhadap
harga menjadi randah. Loyalitas pembeli berfungsi sebagai penghalangmasuk
industry- perusahaan-perusahaan baru harus mengembangkan kompetesnsi tersendiri
mereka untuk membedakan produk mereka melaluai cara-cara tertentu agar dapat
besaing dengan sukses. Diferensiasi diarahkan pada pasar luas dan melibatkan
penciptaan sebuah produk atau jasa uniik, yang mebuat perusahaan harus
menetapkan harga premium. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini :
Maytag (peralatan), Mercedez (otomotif) dan WordPerfect (perangkat lunak).
Resiko
Diferensiasi
1. Diferensiasi
Tidak Bertahan
v Pesaing
meniru
v Basis
lain bagi diferensiasi menjadi kurang penting bagi pembeli
2. Kedekatan
biaya menghilang
3. Para
pem-“focus diferensiasi” mencapai deferesiasi yang lebih besar lagi dalam
segman
STRATEGI
FOKUS BIAYA
Focus
biaya adalah strategi bersaing yang focus pada kelompok pembeli atau geografis
tertentu dan mencoba melayani ceruk-ceruk ini, dan mengabaikan yang lain. Dalam
menggunaka focus biaya, perusahaan unit bisnis mencari keunggulan biaya pada
segmen sasarannya. Starategis tersebut didasarkanpada keyakinan bahwa
perusahaan atau unit bisnis yang mengkosenstrasikan upaya-upayanya dapat
melayani target strategis yang sempit dengan lebih efisien dibandingkan dengan
para pesaingnya. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Fadal
Engineerring dan USAA (United Service Autombile Association)
Resiko Fokus
1. Strategi
focus ditiru
v Segmen
sasaran menjadi tidak menerik secara struktur
v Struktur
melapuk /terkisis
v Permintaan
hilang
2. Pesaing
sasaran menghebohkan segmen :
v Perbedaan
segmen dengan segmen lain terbilang sempit8
v Keunggulan
lini yang luas meningkat
3. Para
pem-“focus” baru memecah segmen industri
Sumber
J. David Hunger & Thomas L Wheelen. Manajemen Strategis. Andi Yogyakarta
Sumber
J. David Hunger & Thomas L Wheelen. Manajemen Strategis. Andi Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar