Minggu, 15 April 2012

Perbedaan Strategi kepemimpinan Biaya,Diferensiasi, Focus Biaya (Strategi Persaingan Bisnis)


Perbedaan utama antara strategi kepemimpinan biaya, strategi diferensiasi dan strategi focus,antara lain :

STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA
Kepemimpinan biaya adalah srategi besaing biaya rendah yang ditujukan untuk pasar luas dan mengharuskan “membangun secara agresif fasilitas skala efisien, pengurangan harga yang gencar, pengandalian biaya dan ongkos yang ketat, penghindaran pelanggan-pelangan marjinal, dan meminimalisir biaya seperti R&D, pelayanan, tenaga penjual, iklan dan sebagainya. Harga murah berfungsi sebagai hambatan pesaing untuk masuk ke dalam industry, dan hanya sedikit yang dapat menandingi keunggulan biaya pemimpin. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Wal Mart (pengecer), Timex (jam), dan Gateway 2000 (computer).
Resiko Kepemimpinan Biaya
1.      Kepemimpinan Biaya Tidak Bertahan
v  Pesaing meniru
v  Teknologi berubah
v  Basis lain untuk kepemimpinan biaya melapuk
2.      Kedekatan dalam diferensiasi menghilang
3.      Para pem-“focus biaya” mencapai biaya yang lebih murah lagi dalam segmen

STRATEGI DIFERENSIASI
Diferensiasi adalah strategi aktif untuk mendapatkan hasil diatas rata-rata dalam sebuah bisnis tertentu karena loyalitas merek akan membuat sensitivitas konsumen terhadap harga menjadi randah. Loyalitas pembeli berfungsi sebagai penghalangmasuk industry- perusahaan-perusahaan baru harus mengembangkan kompetesnsi tersendiri mereka untuk membedakan produk mereka melaluai cara-cara tertentu agar dapat besaing dengan sukses. Diferensiasi diarahkan pada pasar luas dan melibatkan penciptaan sebuah produk atau jasa uniik, yang mebuat perusahaan harus menetapkan harga premium. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Maytag (peralatan), Mercedez (otomotif) dan WordPerfect (perangkat lunak).
Resiko Diferensiasi
1.      Diferensiasi Tidak Bertahan
v  Pesaing meniru
v  Basis lain bagi diferensiasi menjadi kurang penting bagi pembeli
2.      Kedekatan biaya menghilang
3.      Para pem-“focus diferensiasi” mencapai deferesiasi yang lebih besar lagi dalam segman

STRATEGI FOKUS BIAYA
Focus biaya adalah strategi bersaing yang focus pada kelompok pembeli atau geografis tertentu dan mencoba melayani ceruk-ceruk ini, dan mengabaikan yang lain. Dalam menggunaka focus biaya, perusahaan unit bisnis mencari keunggulan biaya pada segmen sasarannya. Starategis tersebut didasarkanpada keyakinan bahwa perusahaan atau unit bisnis yang mengkosenstrasikan upaya-upayanya dapat melayani target strategis yang sempit dengan lebih efisien dibandingkan dengan para pesaingnya. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Fadal Engineerring dan USAA (United Service Autombile Association)
Resiko Fokus
1.      Strategi focus ditiru
v  Segmen sasaran menjadi tidak menerik secara struktur
v  Struktur melapuk /terkisis
v  Permintaan hilang
2.      Pesaing sasaran menghebohkan segmen :
v  Perbedaan segmen dengan segmen lain terbilang sempit8
v  Keunggulan lini yang luas meningkat
3.      Para pem-“focus” baru memecah segmen industri


Sumber
J. David Hunger & Thomas L Wheelen. Manajemen Strategis. Andi Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar