Gambar : Kekuatan-Kekuatan Yang Memacu Persaingan
Indusri
1. Persaingan Antar Anggota Industry Yang Sama
a. Samsung, Sony,
Panasonic, Sanyo, Sharp, Toshiba, Denpoo dll.
b. Manajemen Strategi
yang dilakukan:
- Melakukan Inovasi
Produk
- Harga yang lebih
terjangkau tetapi mutu tetap
- Promosi ditingkatkan
2.
Ancaman masuk dari pendatang baru
a. Pendatang baru
perusahaan elektronik yaitu: Fujitsu, Axus, dll.
b. Manajemen Strategi
yang dilakukan:
- Mempertahankan
Loyalitas Konsumen dengan perbaikan pelayanan konsumen
- Tetap menjadikan produk elektronik yang tahan lama dan berdaya saing mengikuti perkembangan zaman
- Tetap menjadikan produk elektronik yang tahan lama dan berdaya saing mengikuti perkembangan zaman
3.
Ancaman produk substitusi
a. PT Lg Elektronik
merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang
inovatif, mulai dari LCD TV, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya, dengan produk
utama yang inovatif berupa Air Conditioner. Substitusi dari produk LG
Elektronik tentunya masih bersifat tradisional. Misalnya produk LCD TV
substitusinya Radio atau bahkan layar sandiwara berupa opera, Kamera
substitusinya Lukisan, AC substitusinya Kipas Sate, Kulkas substitusinya termos
es, Mesin Cuci substitusinya Papan Gilasan dsb.
b. Manajemen Strategi
yang dilakukan:
- Menjadikan manufaktur
kelas dunia di bidang produk elektronik
- Menghasilkan produk
dengan kualitas terbaik
- Menawarkan
produk-produk yang akan memperkaya hidup mereka; produk-produk yang dibuat
berdasarkan ide-ide segar dan inovatif.
- Terus berinovasi
menciptakan produk-produk yang handal berguna dan hebat.
- Terus mengikuti
perkembangan kemajuan elektronik.
4.
Daya tawar pemasok
a. Karena LG Elektronik
Indonesia meruapakan perusahaan yang berpusat di Korea, jadi pemasok untuk PT
LG Elektronik berasal dari mancanegara dan oleh karena itu diperlukan hubungan
yang sangat baik untuk menjaga loyalitas supplier.
b. Manajemen Strategi
yang dilakukan: PT LG Elektronik sebaiknya tidak lamban dalam melunasi
kewajibannya kepada pihak supplier agar hubungan yang terjalin antara kdua
perusahaan akan tetap terus terjalin sehingga LG tidak kekurangan pasokan bahan
baku dari supplier
5. Daya tawar pembeli
a. Para pembeli produk
LG berasal dari berbagai kalangan tetapi harga harga produk LG cenderung stabil
di pasaran sehingga bisa dijangkau oleh kalangan menengah dan kalangan atas,
namun kadang kala LG elektronik juga mengadakan program big sale bagi
produk-produk yang sedikit cacat.
b. Manajemen Strategi
yang dilakukan:- Produk berkualitas dan memuaskan para konsumen.
- Memberikan kontribusi usaha atau Corporate Social Responsibility (CSR) melalui berbagai kegiatan dan donasi.
- Memberikan kontribusi usaha atau Corporate Social Responsibility (CSR) melalui berbagai kegiatan dan donasi.
- Program pemberian
beasiswa tanpa ikatan dinas apapun bagi mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi di
negeri ini untuk melanjutkan program studi pasca sarjana (S2) di universitas-
universitas terkemuka di Korea. Panasonic Scholarship (PS).
- Harga bersaing
- Pemberian Service
Garansi yang memuasakan
- Pelayanan yang baik
- Promosi sesuai dengan
mutu
- Elektronik yang tahan
lama / awet
- Sponsor acara-acara
musik terkemuka.
Sumber :
http:kiekie-myblog.blogspot.com201003analisa-lima-kekuatan-persaingan.html
httpspeaking-knowledge.blogspot.com201001penyusunan-strategi-bisnis-untuk-suatu.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar