1.
Jika saudara sebagai pimpinan dari suatu
organisasi, informasi apa yang saudara butuhkan dalam kaitanya dengan
perlaksanaan tugas?
Jika saya memimpin sebuah oraganisasi
bisnis (dalam hal ini perusahaan) dan berkedudukan sebagai Top Management maka saya
memerlukan suatu informasi yang dapat mendukung saya dalam menjalankan tugas
dengan baik.
Sebelum saya akan menjelaskan tugas
dari seorang Top Management, Top
Management bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum
dan mengarahkan jalannya perusahaan. Jadi informasi yang dibutuhkan seorang top
Management antara lain,
1.
Biasanya bersifat strategis yang artinya suatu informasi tentang keperluan
perencanaan jangka panjang dan penentuan target-target perusahaan yang harus
dicapai bersama metodenya.
2.
Top management biasanya mengambil keputusan yang
sulit diduga karena sifatnya tidak teratur sehingga diperlukannya informasi
sehubungan dengan rencana tahunan perusahaan yang diajukan untuk mengambil
keputusan tertentu dalam keadaan yang “berbahaya” sehingga menghasilkan
keputusan yang baik.
3.
Top management juga membutuhkan informasi mengenai
sejauh mana program-program atau pekerjaan yang diembannya (memonitor). Biasanya informasi ini digunakan
untuk memutuskan apakah sebuah investasi baru harus dilakukan atau tidak
(misalnya untuk membuat pabrik baru, produk baru dll).
4.
Top
manajement juaga membutuhkan suatu informasi mengenai masa depan (yang artinya
dapat meramalkan keadaan) , hal ini
diperlukan untuk membawa perusahaan kepada visi yang telah direncanakan.
2.
Bagaimana cara saudara mendapatkan informasi
tersebut?
Informasi yang dibutuhkan oleh seorang top
management biasanya bersumber dari hal-hal yang berada di luar perusahaan
(eksternal) yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi jalannya
bisnis. Contohnya keadaan pasar (market), kecenderungan ekonomi (trend),
gejala-gejala social masyarakat, kedatangan para pesaing baru, kebijakkan
pemerintah, dan sebagainya. Biasanya top management mendapatkan informasi dari
divisi lain yang ada dibawahnya mengenai informasi kenerja perusahaan atau dan
mendengarkan isu-isu yang beredar di pasar. Misalnya dalam menentukan apa akan
membuat produk baru atau tidak, informasi itu di dapatkan dari devisi pemasaran
dan teknologi (mesin) dan atau divisi lainnya, yang telah melakukan survey
mengenai tingginya permintaan konsumen akan teknologi yang canggih sehingga top
management memutuskan untuk memprodukdi produk dengan jumlah yang ditentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar