Minggu, 22 Desember 2013

Cara Pimpinan mendapatkan Informasi


1.      Jika saudara sebagai pimpinan dari suatu organisasi, informasi apa yang saudara butuhkan dalam kaitanya dengan perlaksanaan tugas?

Jika saya memimpin sebuah oraganisasi bisnis (dalam hal ini perusahaan) dan berkedudukan sebagai Top Management maka saya memerlukan suatu informasi yang dapat mendukung saya dalam menjalankan tugas dengan baik.

Sebelum saya akan menjelaskan tugas dari seorang Top Management,  Top Management bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Jadi informasi yang dibutuhkan seorang top Management antara lain, 

1.       Biasanya bersifat strategis  yang artinya suatu informasi tentang keperluan perencanaan jangka panjang dan penentuan target-target perusahaan yang harus dicapai bersama metodenya.

2.       Top management biasanya mengambil keputusan yang sulit diduga karena sifatnya tidak teratur sehingga diperlukannya informasi sehubungan dengan rencana tahunan perusahaan yang diajukan untuk mengambil keputusan tertentu dalam keadaan yang “berbahaya” sehingga menghasilkan keputusan yang baik.

3.       Top management juga membutuhkan informasi mengenai sejauh mana program-program atau pekerjaan yang diembannya  (memonitor). Biasanya informasi ini digunakan untuk memutuskan apakah sebuah investasi baru harus dilakukan atau tidak (misalnya untuk membuat pabrik baru, produk baru dll).

4.        Top manajement juaga membutuhkan suatu informasi mengenai masa depan (yang artinya dapat meramalkan keadaan)   , hal ini diperlukan untuk membawa perusahaan kepada visi yang telah direncanakan.

2.      Bagaimana cara saudara mendapatkan informasi tersebut?

Informasi yang dibutuhkan oleh seorang top management biasanya bersumber dari hal-hal yang berada di luar perusahaan (eksternal) yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi jalannya bisnis. Contohnya keadaan pasar (market), kecenderungan ekonomi (trend), gejala-gejala social masyarakat, kedatangan para pesaing baru, kebijakkan pemerintah, dan sebagainya. Biasanya top management mendapatkan informasi dari divisi lain yang ada dibawahnya mengenai informasi kenerja perusahaan atau dan mendengarkan isu-isu yang beredar di pasar. Misalnya dalam menentukan apa akan membuat produk baru atau tidak, informasi itu di dapatkan dari devisi pemasaran dan teknologi (mesin) dan atau divisi lainnya, yang telah melakukan survey mengenai tingginya permintaan konsumen akan teknologi yang canggih sehingga top management memutuskan untuk memprodukdi produk dengan jumlah yang ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar