Senin, 16 April 2012

Alasan Menggunakan Strategy Cost Leadership dan Differentiation


Strategis Bersaing Bisnis

1.      STRATEGY COST LEADERSHIP
PT. Metrotech Jaya Komunika Indonesia (NEXIAN)
Nexian adalah market leader di bidang penyedia perangkat telekomunikasi tetap (fixed) dan bergerak (mobile) di Indonesia sejak 2006. Nexian merupakan pelopor ponsel lokal di Indonesia. Nexian memperoleh penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai telepon seluler pertama yang menjadi sarana peluncuran album musik (Grup Musik SLANK – Album Jurus Tandur no. 18). Hal tsb melengkapi eksistensi Nexian sebagai brand local pertama dan satu-satunya yang sempat memiliki instalasi pabrik perakitan di Indonesia. Kehandalan kualitas produk-produknya, membuat Nexian dipercaya oleh berbagai operator telekomunikasi sebagai mitra penjualan produk bundling. Sampai Maret 2010, ponsel Nexian telah digunakan oleh lebih dari 5.500.000 masyarakat Indonesia. kelengkapan fitur yang ditawarkan oleh nexian, serta penggunaan sparepart yang cenderung murah, menjadikan merk ini menjadi incaran masyarakat.

Alasan Saya Mengapa NEXIAN Menggunakan Strategy Cost Leadership :
Dalam mengatasi persaingan global pada zaman sekarang diperlukan suatu kejelihan dalam melihat peluang pasar. Di Indonesia, dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, ini merupakan suatu pasar yang kompetitif dengan banyak pesaing yang ada, Nexian sangat jelih memlihat kondisi perekonomian penduduk Indonesia yang relative rendah tetapi sangat membutuhkan suatu teknologi komunikasi. Dengan Strategy Cost Leadership yang dilakukan Nexian ini dapat menarik para konsumen dari komputitor usaha yang sejenis, karena harga sangat relative lebih murah dari pada harga produk competitor lain. Hal ini disebabkan oleh biaya produksi yang murah denga kualitas yang hampir sama dengan produk lainya.

2.      STRATEGI DIFFERENTIATION
PT Djarum
PT Djarum yang terkenal dengan produksi rokoknya ternyata memiliki strategi pembeda pada salah satu jenis produknya yaitu sigar atau cerutu. Sigar merupakan produk sejenis rokok tetapi bahan-bahanya tersusun dari tembakau pilihan yang berkualitas. Sejak tahun 1990, PT Djarum telah memproduksi kombinasi cerutu dan rokok kretek dengan nama Cigarillos. Setelah melakukan studi di Honduras dan Amerika Serikat, pada Mei 1997 produksi perdana cerutu long filler diekspor ke Amerika Serikat. Kemudian, pada September 1999, cerutu long filler ini bisa dinikmati di negeri sendiri dengan merek Dos Hermanos. Cerutu buatan tangan dari PT Djarum itu menggunakan paduan yang seimbang tembakau-tembakau berkualitas prima. Tembakau tersebut berasal dari Deli, Sumatera Utara; dan Besuki, Jawa Timur yang sudah terkenal di dunia serta tak kalah dibanding tembakau dari Kuba dan Brasil. Sigar buatan PT Djarum ini lebih banyak dinikmati oleh turis mancanegara, meskipun banyak juga penikmat dalam negri khususnya dikalangan masyarakat middle and high class. Ini disebabkan karena harganya yang relatif mahal yaitu berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 120 ribu per batang.

Alasan Saya Mengapa PT Djarum Menggunakan Strategi Differentiation :
Memang dalam segmen pasar yang diproduksi PT. Djarum seperti cerutu atau sigar diperlukan penawaran yang unik dan berkualitas dari produknya. Dengan menerapkan strategi ini maka perusahaan (unit bisnis) akan mengembangkan produk yang menawarkan keunikan yang akan dinilai oleh pelanggan, pelangganlah yang akan merasa apakah produk tersebut lebih baik atau memiliki sesuatu yang berbeda dari produk kompetitor. Nilai tambah yang dimiliki produk ini memungkinkan perusahaan untuk menjual produk tersebut dengan harga tinggi, yang diharapkan dapat menutup kos ekstra yang ditimbulkan karena menghasilkan produk yang unik tadi. Karena produk yang unik inilah jika tiba-tiba suplier meningkatkan harga bahan produksi maka perusahaan dapat membebankan pertambahan kos tersbut kepada kustomer yang tidak dapat menemukan produk substitusi dengan mudah.

Sumber :
http://agung-praptapa.blog.unsoed.ac.id/2011/03/22/tugas-4b-kelas-strat-man-selasa-contoh-business-level-strategy/


ANALISIS MATRIKS SWOT LG-ELECTRONIC


ANALISIS SWOT UNTUK LG-Electronic

 STRENGHTS

1.   Meliputi beragam bisnis yang memanfaatkan kecepatan, kreatifitas, dan efisiensi untuk menemukan, mengembangkan dan memasarkan produk yangmenentukan hidup kita saat ini.

2.   Orang-orang LG yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangandan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk an layanan yang memimpin pasar.

3.   Menciptakan image produk yang bertahan lama dimata konsumen

4.   Ramah lingkungan, hemat energi dan air, mengurangi polusi dan mengeliminasi
bahan beracun.

WEAKNESSES:

1.   LG harus terus menerus memaintain semua biaya untuk tetap sukses

2.   LG belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan pesaingnya.

3.   Berkurangnya profitabilitas karena terlalu banyak pegawai dengan fasilitas luar biasa

4.    Kualitas Produk.Dalam beberapa kasus, LG produk belum yang terbaik dalam kualitas, ada beberapa kasus ketika mereka recalled produk mereka.



 OPPORTUNITY

1. Era digital yang terus berkembang Salah satu pemimpin yang diakui dunia di industri teknologi digital

2. LG memiliki program yang memperkuat pikiran dan mendorong kreativitas generasi muda

3. Beberapa tahun terakhir, LG telah dikaitkan dengan sejumlah besarolahraga Sponsor global, khususnya di Eropa.

4. Peningkatan konsumsi dari produk elektronik.

THREATS:

1. Lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif Jika perusahaan tetap diam, akan mudah ketinggalan jaman

2. Konsumen memiliki banyak pilihan.

3. Produk harga premium tidak akan dijual dengan jumlah yang banyak, maka akan
timbul masalah harga
4. Krisis keungan global

Matriks SWOT  UNTUL LG-ELECTRONIC















Sumber :
http://kiekie-myblog.blogspot.com/2010/03/analisis-swot-lg-electronics.html

Strategi Bersaing PT. LG Eloktronik Indonesia


Gambar :  Kekuatan-Kekuatan Yang Memacu Persaingan Indusri




 Analisis terhadap PT LG Elektronik Indonesia.
1.  Persaingan Antar Anggota Industry Yang Sama
a. Samsung, Sony, Panasonic, Sanyo, Sharp, Toshiba, Denpoo dll.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Melakukan Inovasi Produk
- Harga yang lebih terjangkau tetapi mutu tetap
- Promosi ditingkatkan

2. Ancaman masuk dari pendatang baru
a. Pendatang baru perusahaan elektronik yaitu: Fujitsu, Axus, dll.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Mempertahankan Loyalitas Konsumen dengan perbaikan pelayanan konsumen
- Tetap menjadikan produk elektronik yang tahan lama dan berdaya saing mengikuti perkembangan zaman

3. Ancaman produk substitusi
a. PT Lg Elektronik merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari LCD TV, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya, dengan produk utama yang inovatif berupa Air Conditioner. Substitusi dari produk LG Elektronik tentunya masih bersifat tradisional. Misalnya produk LCD TV substitusinya Radio atau bahkan layar sandiwara berupa opera, Kamera substitusinya Lukisan, AC substitusinya Kipas Sate, Kulkas substitusinya termos es, Mesin Cuci substitusinya Papan Gilasan dsb.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Menjadikan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik
- Menghasilkan produk dengan kualitas terbaik
- Menawarkan produk-produk yang akan memperkaya hidup mereka; produk-produk yang dibuat berdasarkan ide-ide segar dan inovatif.
- Terus berinovasi menciptakan produk-produk yang handal berguna dan hebat.
- Terus mengikuti perkembangan kemajuan elektronik.
4. Daya  tawar pemasok
a. Karena LG Elektronik Indonesia meruapakan perusahaan yang berpusat di Korea, jadi pemasok untuk PT LG Elektronik berasal dari mancanegara dan oleh karena itu diperlukan hubungan yang sangat baik untuk menjaga loyalitas supplier.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan: PT LG Elektronik sebaiknya tidak lamban dalam melunasi kewajibannya kepada pihak supplier agar hubungan yang terjalin antara kdua perusahaan akan tetap terus terjalin sehingga LG tidak kekurangan pasokan bahan baku dari supplier

5.  Daya tawar pembeli
a. Para pembeli produk LG berasal dari berbagai kalangan tetapi harga harga produk LG cenderung stabil di pasaran sehingga bisa dijangkau oleh kalangan menengah dan kalangan atas, namun kadang kala LG elektronik juga mengadakan program big sale bagi produk-produk yang sedikit cacat.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:- Produk berkualitas dan memuaskan para konsumen.
- Memberikan kontribusi usaha atau Corporate Social Responsibility (CSR) melalui berbagai kegiatan dan donasi.
- Program pemberian beasiswa tanpa ikatan dinas apapun bagi mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi di negeri ini untuk melanjutkan program studi pasca sarjana (S2) di universitas- universitas terkemuka di Korea. Panasonic Scholarship (PS).
- Harga bersaing
- Pemberian Service Garansi yang memuasakan
- Pelayanan yang baik
- Promosi sesuai dengan mutu
- Elektronik yang tahan lama / awet
- Sponsor acara-acara musik terkemuka.

  

Sumber :
http:kiekie-myblog.blogspot.com201003analisa-lima-kekuatan-persaingan.html
httpspeaking-knowledge.blogspot.com201001penyusunan-strategi-bisnis-untuk-suatu.html

Pengertian Manajemen,Stategis, Strategi Manajeme dan contoh berfikir Strategis


Pengertian Manajemen
1.      Menurut Dr. SP. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi”
Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui oranglain.
2.      Menurut  R. Terry 
Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
3.      Menurut Drs.H. Malayu S.P. Hasibuan.
Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Pengertian Strategi
1.      Menurut Wheelan dan Hunger (Strategic Management and Business Policy Massachuset, 1995)
 Strategi merupakan program perencanan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memaksimalkan keunggulan bersaing dan meminimasi kelemahan.
2.      Menurut Glueck dan Jauch, p.9, 1989
 strategi adalah Rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi
3.      Menurut Argyis (1985) Mintzberg (1979), Steiner dan Miner (!997) dalam (Freddy Rangkuty, 1997)
Strategi merupakan respon secara terus-menerus maupun adaftif terhadap peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan internal yang dapat mempengaruhi organisasi.

Pengertian Strategi Manajemen
1.      Menurut Pearch dan Robinson (1997)
Manajemen strategis adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.
2.      Menurut David (2002:5)
Manajemen strategis adalah Seni dan pengetahuan untuk merumsukan, mengimplementasikan and mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu mencapai obyektifnya.


3.      Menurut Hunger dan Wheelen (2003:4)
 Manajemen strategis adalah Serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

Contoh bepikir strategis dalam kehidupan sehari-hari.
 Berpikir strategis adalah pemikir strategis memiliki rencana matang untuk masa depan.
Keluarga merupakan suatu organsisasi yang dapat dikatakan sebagai  organisasi sederhana, kita dapat melihat keberhasilkan suatu keluarga dari cara berfikir strategis yang mereka miliki untuk menunjang kesejateraan mereka dimasa depan. Biasa keluarga yang berfikir strategis mereka lebih cendrung mengambil tindakan yang bersifat pada kemajuan di masa depan. Dengan menetapkan suatu visi yang akan dipilih sebagai tujuan dari kehidupan mereka dan sebagai implementasi mereka akan membuat suatu perencanaan yang baik. Misalnya dalam sebuah keluarga  hanya miliki dua orang anak dengan rentang jarak berkisar 4-5 tahun dan mereka sangat memperhatikan pertumbuhan sibuah hati mereka, mulai dari menyiapkan material untuk sibuah hati sejak masih di dalam kandungan sampai buah hatinya memperoleh pendidikan yang tinggi. Untu mewujudkan tindakan itu orang tua akan menekan tindakan-tindakan yang harus mereka lakukan untuk sibuah hati seperti menyiapkan uang untuk pendidikan dan perkembang si buah hati, milih tempat pendidikan yang baik, memasukan si buah hati untuk ikut kursus agar dapat menghadapi persaingan di masa depan dengan memperhatikan regulasi (aturan yang ada dalam keluarga) dan lain-lain. Bahkan keluarga yang memilki kondisi keuangan yang lebih akan mengasuransikan semua yang asset yang mereka meliki untuk meninimalisir apabila adanya kesalahan manajaemen.


Sumber :

Minggu, 15 April 2012

Perbedaan Strategi kepemimpinan Biaya,Diferensiasi, Focus Biaya (Strategi Persaingan Bisnis)


Perbedaan utama antara strategi kepemimpinan biaya, strategi diferensiasi dan strategi focus,antara lain :

STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA
Kepemimpinan biaya adalah srategi besaing biaya rendah yang ditujukan untuk pasar luas dan mengharuskan “membangun secara agresif fasilitas skala efisien, pengurangan harga yang gencar, pengandalian biaya dan ongkos yang ketat, penghindaran pelanggan-pelangan marjinal, dan meminimalisir biaya seperti R&D, pelayanan, tenaga penjual, iklan dan sebagainya. Harga murah berfungsi sebagai hambatan pesaing untuk masuk ke dalam industry, dan hanya sedikit yang dapat menandingi keunggulan biaya pemimpin. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Wal Mart (pengecer), Timex (jam), dan Gateway 2000 (computer).
Resiko Kepemimpinan Biaya
1.      Kepemimpinan Biaya Tidak Bertahan
v  Pesaing meniru
v  Teknologi berubah
v  Basis lain untuk kepemimpinan biaya melapuk
2.      Kedekatan dalam diferensiasi menghilang
3.      Para pem-“focus biaya” mencapai biaya yang lebih murah lagi dalam segmen

STRATEGI DIFERENSIASI
Diferensiasi adalah strategi aktif untuk mendapatkan hasil diatas rata-rata dalam sebuah bisnis tertentu karena loyalitas merek akan membuat sensitivitas konsumen terhadap harga menjadi randah. Loyalitas pembeli berfungsi sebagai penghalangmasuk industry- perusahaan-perusahaan baru harus mengembangkan kompetesnsi tersendiri mereka untuk membedakan produk mereka melaluai cara-cara tertentu agar dapat besaing dengan sukses. Diferensiasi diarahkan pada pasar luas dan melibatkan penciptaan sebuah produk atau jasa uniik, yang mebuat perusahaan harus menetapkan harga premium. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Maytag (peralatan), Mercedez (otomotif) dan WordPerfect (perangkat lunak).
Resiko Diferensiasi
1.      Diferensiasi Tidak Bertahan
v  Pesaing meniru
v  Basis lain bagi diferensiasi menjadi kurang penting bagi pembeli
2.      Kedekatan biaya menghilang
3.      Para pem-“focus diferensiasi” mencapai deferesiasi yang lebih besar lagi dalam segman

STRATEGI FOKUS BIAYA
Focus biaya adalah strategi bersaing yang focus pada kelompok pembeli atau geografis tertentu dan mencoba melayani ceruk-ceruk ini, dan mengabaikan yang lain. Dalam menggunaka focus biaya, perusahaan unit bisnis mencari keunggulan biaya pada segmen sasarannya. Starategis tersebut didasarkanpada keyakinan bahwa perusahaan atau unit bisnis yang mengkosenstrasikan upaya-upayanya dapat melayani target strategis yang sempit dengan lebih efisien dibandingkan dengan para pesaingnya. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Fadal Engineerring dan USAA (United Service Autombile Association)
Resiko Fokus
1.      Strategi focus ditiru
v  Segmen sasaran menjadi tidak menerik secara struktur
v  Struktur melapuk /terkisis
v  Permintaan hilang
2.      Pesaing sasaran menghebohkan segmen :
v  Perbedaan segmen dengan segmen lain terbilang sempit8
v  Keunggulan lini yang luas meningkat
3.      Para pem-“focus” baru memecah segmen industri


Sumber
J. David Hunger & Thomas L Wheelen. Manajemen Strategis. Andi Yogyakarta